Kamis, 06 Desember 2018

PROFIL PUSKESMAS SEI AGUL MEDAN

PROFIL PUSKESMAS SEI AGUL MEDAN


KEADAAN UMUM PUSKESMAS SEI AGUL MEDAN

1.        Identitas Wilayah
Puskesmas Sei Agul terletak di Jl. Karya II No.54 lingkungan XI Kelurahan Karang Berombak Kecamatan Medan Barat. Puskesmas Sei Agul memiliki satu buah Puskesmas pembantu yaitu Puskesmas Pembantu Sei Agul yang terletak di Jl. Danau Singkarak Gg. Saudara Lingkungan 1 Kelurahan Sei Agul Kecamatan Medan Barat.
2.        Identitas Puskesmas
            Puskesmas Sei Agul didirikan pada tahun 1972 yang diresmikan oleh Gubernur KDH Sumut tanggal 1 Agustus 1972 sebagai Pusat Kesehatan Masyarakat dibawah naungan Dinas Kesehatan Kota Medan. Puskesmas Sei Agul tidak memiliki fasilitas rawat inap. Pasien yang memerlukan perawatan lebih lanjut dan memerlukan rawat inap akan dirujuk ke RS terdekat. Puskesmas Sei Agul memiliki kode Puskesmas 1275140203.
3.         Karakter Puskesmas
Wilayah kerja Puskesmas
3.3.1 Situasi/Kondisi Diluar Puskesmas
a.      Keadaan Geografi
Puskesmas Sei Agul berada pada dataran rendah dan terletak di Jalan Karya II No. 54 Lingkungan XI Kelurahan Karang Berombak-Kecamatan Medan Barat Puskesmas Sei Agul mempunyai wilayah kerja meliputi 2 kelurahan yang berbeda di Kecamatan Medan Barat yaitu :
·         Kelurahan Karang Berombak dengan luas areal 94 Ha dan terdiri dari 19 lingkungan
·         Kelurahan Sei Agul luas areal 102 Ha dan terdiri dari 16 lingkungan
·         Jumlah luas areal wilayah keseluruhan 196 Ha
Jadi wilayah kerja Puskesmas Sei Agul seluas 196 Ha dengan 35 lingkungan

a.1 Batas-batas Wilayah Kerja Puskesmas Sei Agul Sebagai Berikut :
·         Sebelah Utara berbatasan dngan Pulo Brayan dan Helvetia (Kab. Deli Serdang)
·         Sebelah Selatan berbatasan dengan Kelurahan Sei Putih Barat
·         Sebelah Timur berbatasan dengan Kelurahan Glugur Kota Kelurahan Silalas
·         Sebelah Barat berbatasan dengan kelurahan Helvetia Timur

a.2 Jangkauan Pelayanan Puskesmas Kelurahan Terjauh
Puskesmas Sei Agul memiliki letak yang strategis, semua daerah dapat dijangkau dengan kendaraan roda-2, kendaraan roda-4 dan juga transportasi umum. Jarak Kelurahan terjauh wilayah kerja Puskesmas Sei Agul adalah Kelurahan Sei Agul yang memiliki waktu tempuh 15 menit dengan menggunakan transportasi umum maupun pribadi. Komunikasi antar lintas sektoral berjalan lancar dengan memanfaatkan sarana yang ada ditiap-tiap lingkungan seperti Kantor, Lurah, Posyandu, Kepala Lingkungan dan sarana-sarana penunjang lainnya misalnya : Mesjid, Gereja, Sekolah-sekolah.

a.3 Jangkauan Ke Fasilitas Rujukan Terdekat
            Fasilitas rujukan terdekat dan Puskesmas Sei Agul adalah RS. Sufina Aziz. Rs Sufina Aziz berjarak 500 M dari Puskesmas Sei Agul dan waktu tempuh  menit. Rumah sakit ini dapat dijangkau dengan mudah dengan alat transportasi umum baik kendaraan Roda-2, Roda-3 maupun Roda-4.

b.      Keadaan Administrasi
            Puseksmas Sei Agul terletak dikota Medan di Kecamatan Medan Barat dikepalai oleh seorang Camat dan memiliki 2 Kelurahan yaitu Kelurahan Karang Berombak dan Kelurahan Sei Agul. Setiap kelurahan dikepalai oleh seorang lurah dengan perangkat kelurahan.




Irhamna Nisa

Author & Editor

Hidup ini bagai skripsi, banyak bab dan revisi yang harus dilewati. Tetapi akan selalu berakhir indah bagi mereka yang pantang menyerah.

1 komentar: